Good to Go

Pernahkah Anda bercermin sebelum pergi keluar rumah, kemudian kembali lagi beberapa saat kemudian kedepan cermin, hanya untuk memastikan bahwa Anda sudah cukup rapi untuk keluar rumah?

Entah berapa banyak waktu yang kita perlukan dalam sehari untuk melihat cermin, memastikan bahwa keadaan kita sudah cukup baik untuk berangkat.

Ayah saya adalah seorang yang sangat tertib dan senantiasa menjaga penampilan nya untuk bersih, resik dan wangi. Saya selalu ingat,sebagai gadis kecil memperhatikan dengan asyik betapa gagahnya beliau mengenakan seragam, menyisir rambut abu-abunya dengan rapih, mengenakan ikat pinggang, berkaca di cermin dengan gagah, tersenyum dan mengatakan sesuatu bagi dirinya di depan cermin sebelum kemudian berangkat kerja. Sebagai gadis kecil yang mengagumi ayahnya, saya selalu terpana, melihat bagaimana beliau menyiapkan dirinya setiap hari sebelum berangkat kerja. Kadang saya benar-benar menyimak bagaimana ia mencukur, dan memperhatikan bagaimana beliau menetapkan bahwa segalanya telah siap untuk hal selanjutnya.

Beberapa waktu berselang, saat berangkat dewasa, saya baru mulai memahami mengapa ayah saya dahulu selalu menyisihkan waktu memperhatikan penampilannya prima sebelum berangkat bekerja. Baginya, begitu penting memastikan bahwa segala sesuatu disiapkan terbaik, meski hari itu entah bagaimana nanti berakhir.

Ketika kita merasa, saat memulai hari, dengan kondisi terbaik secara fisik, menetapkan bahwa hari itu adalah hari terbaik, dan bahwa kita siap menjalaninya, maka segalanya kemudian menjadi baik untuk dikerjakan. Dan setiap selesai menyiapkan dirinya, ia selalu berkata, “good to go”. Kebiasaannya kini saya teruskan, dan bagikan kepada anak saya.

Saya sangat mempercayai bahwa memulai hari dengan segala persiapan yang baik, dan dalam pikiran positif maka seluruh hari berjalan dengan baik. Bahwasannya kemudian ada tantangan, gangguan, ketidaknyamanan yang terjadi di hari itu, tidak lagi menjadi penting, sebab hari itu dimulai dengan sesuatu yang baik, yang positif dan di sepanjang hari segala keadaan menjadi lebih ringan dan tidak terlalu berat.

Kita memang tidak punya kendali atas hari yang ada di hadapan kita, tetapi kita punya kendali atas bagaimana kita merespon segala keadaan dengan memulai hari dengan menyiapkan terbaik dari diri sendiri, merasa nyaman dengan diri sendiri, dan mengerahkan seluruh kemampuan diri untuk mengharapkan yang terbaik terjadi hari itu.

Tidak ada salahnya, memberikan sedikit waktu setelah bangun tidur memikirkan hal-hal terbaik tentang diri kita, dan hal-hal yang kita harapkan terjadi hari itu untuk kita, kemudian menyisihkan waktu untuk benar-benar memberikan perhatian pada penampilan kita hari itu, memuji semua anugerah yang kita terima itu kemudian mengokohkan pikiran untuk menjadi yang terbaik hari itu. Lupakan sesaat kemacetan yang sebentar akan kita temui di jalan, atasan yang marah, rekan kerja yang terlambat, tagihan yang belum terbayar, makan pagi yang belum sempat disiapkan, lupakan sesaat hiruk pikuk rumah di pagi hari, lupakan sejenak semua kegelisahan dan fokuskan perhatian hanya pada pribadi dicermin, dan pada hal-hal besar yang akan dilakukannya hari ini.  Segala yang kita pikirkan, terpaku pada apa yang kita percayai dapat kita lakukan. dan biarlah kekuatan positif ini memenuhi keberadaan kita di pagi hari.

Sebab, mungkin saja hari ini  berjalan dengan penuh kejutan; tapi ketika kita memulai nya dengan semua kesiapan Good to Go! maka keseluruhan hari dapat dipastikan berjalan baik; It’s Going Good..

Mau coba?

Leave a comment

Create a website or blog at WordPress.com

Up ↑