Bukan Karakter Sebulan

Pernahkah Anda berpikir, bahwa hidup Anda tidak mengalami kemajuan yang berarti dan memutuskan bahwa sekarang adalah saat tepat melakukan perubahan-perubahan? Anda telah membuat daftar atas hal-hal yang dapat Anda lakukan, tetapi kemudian berakhir dimana Anda tidak pernah melakukannya sama sekali? Atau Anda berhasil melakukan perubahan-perubahan pada perilaku dan kebiasaan Anda, namun selang beberapa saat kemudian Anda berhenti dan kembali pada keadaan semula? Padahal Anda benar-benar ingin berubah lebih baik.

Atau justru Anda kebingungan darimana perubahan-perubahan atas diri Anda dapat dimulai?

Betapa pun seringnya Anda mengumandangkan self transformation pada diri Anda sendiri, apabila Anda tidak benar-benar melakukannya, Anda belum melakukan apa-apa kecuali perencanaan. Dan sebuah transformasi tidak terjadi seketika, dan bertahan dalam hitungan sebulan saja, transformasi atas kehidupan Anda baru dapat terjadi saat Anda 1) benar-benar menginginkannya, 2) benar-benar mengusahakannya dan 3) benar-benar mempertahankannya.

Sebuah perubahan, jika Anda menginginkannya, dapat Anda lakukan dan nikmati keuntungannya untuk kualitas kehidupan yang lebih baik, kualitas hubungan yang lebih harmonis, dan kualitas spiritualitas yang prima. Live to be alive – Menjadi lebih hidup.

Life belongs to the living, and he who lives must be prepared for changes. (Johann Wolfgang von Goethe)

Anda dikenal bukan saja dengan nama Anda tetapi juga dari karakter Anda, karenanya mulailah melakukan perubahan-perubahan pada diri Anda sendiri, agar selain Anda merasakan hidup Anda lebih maksimal, orang lain melihat perubahan yang Anda lakukan, kemudian meniru teladan yang Anda tinggalkan.

Coba perhatikan bagaimana perilaku dan sikap Anda atas keadaan yang Anda alami, atas orang di sekitar Anda dan atas ketentuan-ketentuan yang ditetapkan di sekitar Anda.

Kemudian cermati reaksi Anda, hal-hal yang Anda temukan itu sesungguhnya adalah cerminan kepribadian Anda yang sebenarnya.

Sow a thought, and you reap an act;

Sow an act, and you reap a habit;

Sow a habit, and you reap a character;

Sow a character, and you reap a destiny.
(Charles Reade)

Alkisah,seorang Raja meletakkan sebongkah batu besar di tengah jalan. Ia bersembunyi untuk melihat apa yang terjadi, dan siapa yang akan menyingkarkan batu besar itu dari jalan. Beberapa pedagang kaya yang melalui jalan itu berjalan menghindari bongkahan batu seraya bersungut-sungut menyalahkan raja yang tidak dapat menjaga kebersihan jalan utama di kerajaannya sendiri.

Tak lama kemudian,beberapa hulubalang juga melewati jalan yang sama, dan berjalan menjauhi bongkahan batu itu dan bergegas pergi. Setelah lama menunggu, tiba-tiba dari kejauhan Raja melihat seorang petani mendorong gerobak penuh sayur mayur melewati jalan yang sama. Ketika hampir dekat dengan bongkahan batu ini, si petani berhenti, ia mencoba menyingkirkan batu besar itu dengan tangannya, karena besar dan berat petani ini kelelahan dan beristirahat sejenak, kemudian mendorong batu dengan sekuat tenaga. Akhirnya batu besar itu dapat disingkirkan ke tepi jalan.

Namun saat petani hendak kembali mendorong gerobak, ia melihat sebuah kantong yang tergeletak di jalan tepat di bawah bongkahan batu besar tadi, ia memungutnya, dan membuka talinya. Alangkah terkejutnya ia mendapati sejumlah uang emas dan catatan kecil dari sang Raja di dalamnya, hadiah emas sengaja diberikan kepada siapa saja yang bersedia menyingkirkan bongkahan batu di tengah jalan. Petani ini tidak pernah menyangka hal sederhana yang ia lakukan dapat membawa keberuntungan besar baginya.

Biasakan memiliki dan memelihara Karakter Terpuji, Anda akan terheran bagaimana hal-hal ini dapat merubah hidup Anda dan membuat Anda bersemangat menjalani kehidupan.

Berikut ini adalah panduan Karakter Terpuji yang dapat Anda biasakan:

1. Trustworthiness/Dapat Dipercaya
Jujur, Tidak menipu, curang atau mencuri. Dapat diandalkan-melakukan apa yang dijanjikan. Memiliki keberanian melakukan hal-hal yang benar. Setia – terhadap keluarga, teman dan bangsa negara.

2. Respect/Menghargai
Menghargai orang lain. Toleransi pada perbedaan. Menggunakaan tata krama dan bahasa sopan. Menjaga perasaan orang lain. Tidak mengancam, memukul atau menyakiti orang lain. Menghadapi dengan tenang dan bijaksana pada kemarahan, hinaan dan ketidakcocokan.

3. Responsibility/Bertanggungjawab
Lakukan semua pekerjaan yang menjadi bagian Anda. Tidak mudah menyerah. Selalu mencoba yang terbaik sesuai kemampuan Anda. Gunakan pengendalian diri Anda dengan sebaik-baiknya. Disiplin Diri. Berpikir terlebih dahulu sebelum bertindak-mempertimbangkan konsekuensi yang mungkin timbul. Memiliki kemampuan menciptakan pilihan-pilihan.

4. Fairness/Adil
Mengikuti aturan. Sabar menunggu giliran dan berbagi dengan yang lain. Berpikir terbuka, dan mau mendengarkan orang lain. Tidak mengambil keuntungan sendiri dari orang lain. Tidak menghakimi orang lain semena-mena dan adil terhadap orang lain.

5. Caring/Penyayang
Bersikap ramah dan sopan. Penyayang dan memperdulikan orang lain. Senantiasa bersyukur. Memaafkan kesalahan orang lain dan membantu orang dalam kesusahan.

6. Citizenship/Semangat bermasyarakat
Kerjakan kewajiban pada institusi dan lingkungan kemasyarakatan dengan lebih baik. Bekerjasama. Berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan. Menjadi tetangga yang baik. Menjaga informasi dan ikut pemilihan umum. Mematuhi undang-undang dan peraturan. Menghargai kewenangan dan pemerintah. Menjaga lingkungan hidup.
Ramadhan adalah sebuah kesempatan menyucikan diri dari segala dosa dan kesalahan, sebuah anugerah melakukan perubahan dan perbaikan, sebuah komitmen mendekatkan diri dengan TUHAN, sebuah momentum dalam menegakkan kembali pilar-pilar karakter terpuji bagi diri sendiri dan dalam hubungan dengan orang lain.

” WHO you are, speak louder to me than anything you say”  (Deepak Chopra)


Karakter Anda tidak tercipta seketika, tetapi seketika ini juga Anda memiliki kendali dalam memutuskan apakah Anda mau berubah. Karakter Anda tidak di bangun dalam sehari, namun dapat dibiasakan sehari lepas sehari.

Karakter yang anda biasakan, bukan hanya untuk sebulan ini saja, tetapi dipelihara setiap bulan sepanjang Anda hidup.

Leave a comment

Create a website or blog at WordPress.com

Up ↑