Berbuah Sepanjang Tahun

Tak terlukiskan senangnya anak saya ketika pada suatu hari kami membawanya ke rumah seorang kerabat yang tinggal di pedesaan. Lahan pertanian yang terbentang sepanjang pandangan mata, empang dan ternak yang tidak setiap hari di temuinya di Jakarta. Betapa nikmatnya makan buah langsung memetik dari pohon, tanpa harus ke supermarket dan mengantri bayar terlebih dahulu. Pemilik kebun pun sama senangnya pujian kami atas tanah subur yang ia miliki, dan selanjutnya dengan bangga menceritakan beberapa proses yang ia kerjakan agar hasil kebunnya maksimal sepanjang tahun. Saya menyimak penjelasannya, banyak sekali yang ia harus kerjakan dengan tekun untuk memastikan tanahnya dapat menghasilkan sepanjang tahun!
Anda dan saya, juga pasti menginginkan keberhasilan yang membanggakan dalam kehidupan. Keberhasilan adalah anugerah tanpa henti diberikan kepada TUHAN  sepanjang hidup kita. Kita hanya perlu mengusahakannya terjadi di setiap tahun-nya!
Bukankah menyenangkan memiliki lahan yang terus menerus menghasilkan dan pohon yang berbuah sepanjang tahun? Bukankah menyenangkan jika bisnis dan pekerjaan mengalami pertumbuhan, keluarga berkembang lebih harmonis, ibadah berakar lebih dalam, persahabatan mengalami peningkatan nilai, kepemimpinan anda mendorong perubahan positif dan setiap hal yang anda kerjakan meraih pencapaian?
Nah, sekarang, apa yang Anda inginkan terjadi dalam tahun ini? Jawablah dengan membuat sebuah daftar tentang hal-hal apa yang sangat anda dambakan terjadi. Kemudian, periksa baik-baik daftar itu, buatlah skala prioritas dari yang paling penting, lalu periksa kembali. Dari daftar terseleksi ini, apakah hal-hal yang telah anda tuliskan itu adalah yang benar-benar anda inginkan? Jika ya, bacakan keras-keras hingga anda dapat mendengar suara keyakinan keluar dari hati anda sendiri. Ulangi beberapa kali, hingga anda mempercayai bahwa anda dapat meraih hal-hal yang telah anda tuliskan tersebut tahun ini juga! Sekarang lanjutkan dengan langkah berikut ini:
Sejauh yang Anda Pikirkan!
Pikirkan keberhasilan, pikirkan pencapaian, pikirkan kebahagiaan, pikirkan tentang kehidupan sepanjang tahun penuh dengan kepuasan bathin, dan kesejahteraan. Saya tahu, anda pasti juga memikirkan keterbatasan anda, mempertanyakan kemampuan diri sendiri atau menyangsikan kedispilinan anda menjalankan komitmen sendiri. Fokus pada keberhasilan. Maka sesungguhnya anda sedang menggerakkan seluruh keberadaan anda dalam mencapainya; percaya bahwa anda telah mencapainya, maka sejauh itu lah anda akan memperolehnya. Pikirkan, Fokus dan Percaya membantu anda menyelaraskan diri pada tujuan anda tahun ini.

Keadaan hidupmu adalah cermin dari keadaan pikiranmu –Dr. Wayne W Dyer
Kerjakan Tanahnya!
Berpikir saja tentang sukses tanpa mengerjakan sesuatu tentu saja omong kosong. Lakukan sesuatu! Jangan takut kotor, jika anda menginginkan tanah yang gembur untuk siap ditanami. Gali lebih dalam apa yang anda miliki dalam diri Anda, kembangkan potensi-potensi Anda sekarang; ini adalah modal yang tidak harus Anda usahakan, karena TUHAN telah memberinya gratis sejak Anda dilahirkan dan percayalah, pasti itu lebih dari satu! Perbanyak kesempatan melatih potensi, bakat dan kemampuan Anda. Mulailah dari diri sendiri sebelum anda bekerja dengan sumber daya lain di luar anda.

Ciptakan yang terbaik dari diri anda karena dari situlah semua tentang anda ditentukan-Ralph W. Emerson
Pastikan Selalu Cukup Perawatan!
Sebaik-baiknya bibit, jika setelah ditanam ia tidak mendapatkan perawatan yang maksimal, ia sama sekali tidak berharga. Sama halnya dengan hidup anda, apa yang telah dianugerahkan, apabila itu tidak dipelihara dengan baik, maka ia tidak menghasilkan apapun atas hidup anda. Sama halnya dengan tanaman perlu langkah pemeliharaan; maka setidaknya ada 5 perkara yang perlu anda lakukan untuk memastikan pemeliharaan hidup anda berlangsung dengan maksimal.
1. Pastikan Cukup Sinar Matahari
Sumber kehidupan tumbuhan ada di sinar matahari. Sementara sumber kehidupan kita adalah TUHAN. Pastikan Anda selalu menjaga hubungan anda terpelihara baik denganNya.
2. Pastikan Cukup Pupuk
Sesekali perlu ada nutrisi tambahan pada tanaman. Nutrisi hidup anda terletak pada kemauan anda menghimpun kebiasaan baik, mengasah ketrampilan kepemimpinan, mengelola waktu, mengatur keuangan efisien, memelihara kedamaian, menjaga sikap hati, dan mempelajari hal-hal baru yang memperluas pengetahuan.
3. Pastikan Tidak ada Benalu
Kendala, cobaan, kesulitan, kegagalan selalu hadir dalam hidup kita, ia bisa tumbuh dimana saja dalam aspek kehidupan kita seperti layaknya benalu, tetapi tindakan kita menyikapinyalah, yang membuat kita dapat bertahan, dan tidak mati kering terserap keadaan-keadaan yang menyulitkan disekitar kita. Berpikir positif sama dengan mencabut benalu sampai akarnya; kita tidak memberi kesempatan keadaan mempengaruhi pertumbuhan dan pencapaian kita.
4. Pastikan Cukup Perhatian
Sebuah penelitian pertanian di Jepang memberitahukan bahwa tumbuhan yang diberikan perhatian khusus dengan diajak bicara setiap hari, menghasilkan daun dan buah lebih baik dari tumbuhan lainnya. Jika tumbuhan saja dapat merespon sedemikian apalagi manusia. Sediakan waktu untuk berkomunikasi, bukan sekedar bicara dengan orang lain sekitar anda.
5. Pastikan Cukup Persediaan
Setiap panen, selalu ada lumbung yang harus diisi persediaan. Selalu ada tanaman yang tidak turut dipetik dan menjadi bibit unggulan seterusnya. Dan selalu ada persediaan untuk tindakan pengembangan selanjutnya. Apapun kesuksesan yang telah anda raih, anda harus berpikir tentang persediaan untuk tahun berikutnya, kemudian sebarkan bibit kesuksesan anda kepada orang lain dan kembangkan lebih besar lagi potensi keberhasilan anda selanjutnya. Ingat, harus selalu ada persediaan!

Jangan berpusat pada keterbatasan, sesungguhnya anda memiliki lebih banyak potensi untuk meniadakan keterbatasan tersebut. Tentukan sukses anda tahun ini sekarang.

Berbuahlah Sepanjang Tahun! Jika saya bisa, mengapa Anda tidak?

Leave a comment

Create a website or blog at WordPress.com

Up ↑